Solusi Untuk Masalah Karpus Nok

Keindahan atap sering dikaitkan hanya dengan warna atau jenis bahan penutupnya saja. Padahal ada beberapa bagian lain yang tidak kalah pentingnya, salah satunya adalah area karpus nok yang kerap kali dianggap hanya bagian kecil dari atap sehingga kurang mendapat perhatian khusus, padahal sebagian besar masalah kebocoran terjadi bersumber dari titik tersebut.

Atap Tidak Menggunakan Lapping Tile
Atap Tidak Menggunakan Lapping Tile

Bocor Akibat Retak Karpus? Ini Solusinya

Area karpus (nok) merupakan sisi atap yang teratas. Pembuatan karpus nok secara konvensional, tanpa disadari menyimpan kemungkinan masalah di kemudian hari. Karena dengan kualitas pemasangan yang kurang baik, posisi nok dibuat terlalu tinggi akibatnya plesteran berupa adukan semen untuk mengisi area tersebut juga menjadi tinggi atau tebal. Ini menyebabkan resiko terjadinya retak-retak pada plesteran tersebut dan berakibat bocornya atap rumah karena rembesan air saat hujan. Menambalnya dengan pelapis antibocor atau melakukan plaster aci ulang hanya bersifat sementara dan akan menjadi rutinitas yang berulang-ulang.

Problem Karpus Nok
Problem Karpus Nok

Untuk mengatasi hal tersebut, genteng keramik KANMURI memperkenalkan aksesoris Lapping tile sebagai solusi pada area karpus nok yang kerap bermasalah pada saat musim penghujan serta memperindah tampilan pada area karpus.

Menggunakan lapping tile, berarti meminimalisasi permasalahan yang terjadi pada area karpus nok, dimana lapping tile merupakan pelindung terhadap plesteran pada nok dan juga menambah proteksi terhadap rembesan jika terjadinya retak.

“Material yang digunakan sama jenis dan kualitasnya dengan bodi genteng, yaitu berbahan keramik yang sudah teruji memiliki ketahanan baik pada kondisi panas atau hujan. Jadi air yang kerap rembes melalui nok dapat diminimalisasi dengan sempurna,” ujar John S.L. Chang, General Manager KANMURI.

Lapping Tile Kanmuri
Lapping Tile Kanmuri

Tampilan Estetis

Pemasangan genteng yang rapi dan indah, juga dapat mempercantik desain rumah secara keseluruhan. Karpus nok yang dibuat secara konvensional seringkali tidak memungkinkan hal itu terjadi. Karena saat dibuat, karpus nok tidak memiliki acuan dasar yang baku seperti ketinggian, ketebalan, kelurusan, penggunaan adukan, dan lainnya. Berbeda jika menggunakan lapping tile, tukang yang bekerja dapat mengikuti petunjuk pemasangan, sehingga mendapatkan acuan pedoman yang benar dan tepat.

“Pemasangannya cukup mudah, tukang justru bisa membuat karpus nok terlihat lebih rapi dan mengurangi resiko bocor,” jamin John. Pemasangan karpus nok yang rata tentu saja akan mempengaruhi bentuk atap yang lebih rapi. Begitu pula dengan berbagai masalah yang ada pada karpus nok dapat diantisipasi.

Menggunakan Lapping Tile
Menggunakan Lapping Tile

Lapping tile memiliki berat 2 kg dengan ketebalan 2 cm. Setiap satu buahnya dapat dipasang di sisi kanan dan kiri karpus nok. Kita dapat membelahnya dengan membenturkan pada benda keras yang lurus, karena di bagian dasarnya sudah diberi garis potong. Setiap lapping tile memiliki warna yang sama dengan genteng sehingga keseluruhan bagian atap terlihat seragam. Untuk harga per buah tergantung pada pilihan warna yang diinginkan.

Dengan Menggunakan Lapping Tile Atap Rapi dan Indah
Dengan Menggunakan Lapping Tile Atap Rapi dan Indah

Genteng keramik Kanmuri merupakan produsen terbesar dan penyedia produk genteng keramik terlengkap di Indonesia karena memiliki tipe dan varian warna terbanyak dan range aksesoris terlengkap. Diproduksi menggunakan kombinasi teknologi modern terbaru Jepang dan Eropa, dibakar hingga temperatur 1.100 derajat celcius, menghasilkan produk lebih kuat, lebih tahan lama, berkualitas tinggi sehingga bebas perawatan.

Pastikan pemilihan produk genteng yang tepat, karena pemilihan yang salah akan berakibat biaya yang jauh lebih besar untuk memperbaikinya. Hanya genteng keramik Kanmuri yang sekali pakai untuk selamanya. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website kanmuriroof.com atau showroom utama Gallery of Kanmuri di Meruya Jakarta Barat.